ISTANA MAIMOENN


ISTANA MAIMOEN di bangun oleh sultan Ma Moen Al-Rasyid perkasa Alamsyah pada tanggal 26 agustus 1888 dan diresmikan pada tanggal 18 Mei 1891. Istana maimoen didesain dengan gaya tradisional Istana-Istana Melayu serta pola india Islam (Moghul ).
 

Raja yang pernah memerintah di kerajaan Melayu sebagai berikut :
  1.  Tuanku Panglima Gocoh Pahlawan
  2.  Tuanku Panglima Parunggit
  3. Tuanku Panglima  Padrap
  4. Tuanku Panglima  Pasutan
  5. Tuanku Panglima Gandar wahid
  6. Sulthan Amaludin Mangendar Alam  
  7. Sulthan Isman Perkasa Alam
  8. Sulthan Mahmud Al Rasyid Perkasa Alamsyah   
  9. Sulthan Ma'moen Al Rasyid Perkasa Alamsyah    
  10. Sulthan Amaludin Al Sani Perkasa Alamsyah
  11. Sulthan Osman Al Sani Perkasa Alam   
  12.  Sulthan Azmy Perkas Alam Alhaj 




Ini gambar Istana Maimoen dari samping yang di hiasi tanaman yang tertata rapi oleh penjaga Istana Maimoen, Bila anda berkunjung ke Istana Maimoen ini lah yang pertama anda lihat di karenakan pintu utama itu terletak di samping bangunan Istana tersebut.   
Memulai dari masuk anda harus parkirkan kendaraan anda dikarenakan kendaraan anda tidak boleh memasuki area Istana tersebut. Tidak sulit untuk memarkirkan kendaraan anda karena sudah ada petugas parkir yang di sediakan pengelola Istana tersebut.

Anda tidak perlu khawatir untuk biaya parkir uang parkirnya hanya sebagai berikut :
  • Mobil                : Rp. 10.000
  • Sepeda Motor   : Rp. 2.000    
Dan untuk biaya masuk hanya : Rp. 5.000/orang.


Ini lah Singgasana Sulthan dan anda dibolehkan berfoto ria di singgasana tersebut. Anda dapat melihat betapa indah desain Singgasana tersebut, tapi anda tidak diperbolehkan untuk duduk di Singgasana tersebut, dikarenakan menjaga dari kerusakan Singgasana tersebut.




  

Anda juga dapat melihat situs kuno peninggalan dari kerjaan Melayu tersebut, diantara nya :
  • Tombak Panglima Melayu 
  • Keris Panglima Melayu
  •  Piring yang di gunakan makan sulthan 
  • Alat musik khas melayu
  • perhiasan istri Sulthan 
  • Tepak sirih Melayu
  • Baju Sulthan Melayu
  

Nah disinilah keinginan anda semakin kuat untuk mengunjungi Istana Maimoen, anda bisa rental baju adat Melayu yang anda lihat di gambar tersebut dan anda bisa berfoto ala Raja dan Ratu di Istana tersebut.
Dan apabila anda membawa keluarga seperti Foto yang saya perlihatkan anda bayangkan kesannya bagi anda dan keluarga anda 




Biaya rental Adat Melayu hanya :
  • Dewasa        Rp. 15.000
  • Anak-anak   Rp.10.000
Meriam Puntung

Dan satu lagi yang ingin saya beritahu kepada anda Legend Meriam Puntung ini saya kasih gambar biar anda tahu di mana letak Meriam puntung tersebut



Legenda Meriam Puntung 
Menurut hikayat puak Melayu Deli Meriam Puntung adalah penjelmaan dari adik Putri Hijau Kerajaan Deli Tua bernama Mambang Khayali yang berubah menjadi Meriam dalam mempertahankan Istana dari serbuan Raja Aceh yang ditolak pinangan ole Putri Hijau.
Akibat larasnya yang cukup panas karena menembak terus menerus maka akhirnya pecah menjadi dua bagian.Ujung Meriam yang merupakan bagian yang satu melayang dan menurut dongeng jatuh di Kampung Sukanalu Kecamatan Barus Jahe Tanah Karo, sedangkan bagian yang lain disimpan pada bangunan kecil di sisi kanan Istana Maimoen.
 
Sekian dari saya mengenai informasi tentang Istana Maimoen ^^. 

0 Comment "ISTANA MAIMOENN"

Post a Comment

Thank you for your comments